SELAMATKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK ANAK CUCU KITA

Senin, 15 Desember 2008

Antisipasi Tsunami: Lampung Sentra Penanaman Bakau

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Guna mengantisipasi bahaya bencana tsunami, sepanjang pantai Lampung menjadi sentral hutan tanaman bakau di wilayah Sumatera.

"Untuk tahun ini, pantai yang memang difokuskan untuk penanaman bakau adalah wilayah pantai timur Lampung yang meliputi wilayah pantai di daerah Labuhan Maringgai," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Senin (21-8).

Dana yang dianggarkan guna penanaman dan pemeliharaan hutan bakau yang dianggarkan lewat APBN 2006 untuk Provinsi Lampung, menurut dia, berjumlah Rp79 miliar.

"Barulah setelah pantai timur Lampung, program ini dilanjutkan ke daerah pantai di seluruh Lampung yang meliputi pantai di pesisir Teluk Lampung, Pantai Barat Lampung, Lampung Selatan, dan Tanggamus di Teluk Semangka," ujar Arinal.

Hal ini dilakukan, menurut Arinal, guna memperbaiki ekosistem hutan bakau yang kini banyak rusak. "Selain itu juga ini dilakukan guna mengantisipasi penggerusan daratan akibat gelombang air laut."

Apalagi, menurut dia, perairan Lampung termasuk daerah yang rawan tsunami. "Ini bisa juga dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi tsunami di perairan Lampung. Sebab, hutan bakau yang ada berguna memecah gelombang saat terjadi tsunami. Sebab itu, upaya ini sangat penting sekali," ujarnya.

Dan, recovery serta penanaman kembali hutan bakau ini seperti tidak hanya dilakukan di Lampung. "Untuk di Sumatera, memang difokuskan di Lampung. Sedangkan wilayah lain yang juga melakukan adalah seluruh provinsi di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT)." n TYO/O-2